Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional USBN Tahun 2019 Lengkap

Hari ini, Selasa, 27 November 2018, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merilis Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)tahun 2019. Keputusan ini ditetapkan dalam Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN Tahun 2019.


Menurut Bambang Suryadi Ketua BSNP, kebijakan USBN  tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan Ujian Sekolah Berstandar Nasiona USBN tahun 2018. Perbedaan ada pada jumlah peserta dan jadwal ujian.

“Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat”, ucapnya seraya menambahkan penerapan soal yang berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Kisi-kisi tersebut selain sebagai patokan dalam penyusunan Ujian Sekolah Berstandar Nasional USBN, sekaligus bermanfaat bagi siswa dan guru dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional USBN tahun 2019.

Dengan mengetahui Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional USBN Tahun 2019, siswa dan guru dapat mempelajari materi-materi pembelajaran secara lebih fokus dan mendalam pada materi-materi yang diujikan.

Berikut admin bagikan file Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional USBN Tahun 2019 Lengkap yang kemudian bapak/ibu bisa pelajari sebagai acuan mempersiapkan siswa-siswi dalam menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional USBN Tahun 2019 sebagai berikut :
 
Dengan adanya Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional USBN ini, diharapkan para guru di masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian. Terkait dengan pelaksanaan USBN, BSNP akan segera merilis POS USBN dalam waktu dekat ini, dengan mempertimbangkan masukan dari direktorat terkait. POS tersebut  merupakan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN.
Demikian informasi yang abdiguru bisa bagikan semoga menambah wawasan serta pengetahuan bagi bapak/ibu. Salam Abdiguru

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya