Kisi-Kisi Ujian Nasional (UN) 2019

Ujian Nasional merupakan salah satu cara yang digunakan pemerintah untuk menilai kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui ujian nasional, pemerintah akan memiliki data terkait kualitas pendidikan di seluruh daerah di Indonesia. Data inilah yang akan digunakan untuk merencanakan kualitas pendidikan yang lebih baik di kemudian hari.


Hari ini, Selasa, 27 November 2018, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merilis Kisi-Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Keputusan ini ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi UN.

Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) 2019 untuk Sekolah Menengah Atas (SMA), Madarsah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK), dan Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK) telah dirilis. Adalah BSNP, Badan Standar Nasional Pendidikan, melalui Surat Keputusan BSNP Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 tentang Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kisi-kisi tersebut selain sebagai patokan dalam penyusunan soal Ujian Nasional, sekaligus bermanfaat bagi siswa dan guru dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Nasional tahun 2019.


Dengan mengetahui kisi-kisi Ujian Nasional 2019, siswa dan guru dapat mempelajari materi-materi pembelajaran secara lebih fokus dan mendalam pada materi-materi yang diujikan.


Berikut admin bagikan file Kisi-Kisi Ujian Nasional UN) Tahun 2018-2019 yang kemudian bapak/ibu bisa pelajari sebagai acuan mempersiapkan siswa-siswi dalam menghadapi Ujian Nasional Tahun 2019 sebagai berikut :
Kisi-Kisi Ujan Nasional SMP Tahun 2019
Kisi-Kisi Ujan Nasional SMA Tahun 2019
Kisi-Kisi Ujan Nasional SMK Tahun 2019
Kisi-Kisi Ujan Nasional SMPLB Tahun 2019
Kisi-Kisi Ujan Nasional SMALB Tahun 2019
Kisi-Kisi Ujan Nasional Paket B dan Paket C Tahun 2019

Jika bapak/ibu ingin mendownload semua file diata secara langsung. bapak/ibu bisa mengunduhnya di bawah ini.

Dengan adanya kisi-kisi UN ini, diharapkan para guru di masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian. Terkait dengan pelaksanaan UN, BSNP akan segera merilis POS UN dalam waktu dekat ini, dengan mempertimbangkan masukan dari direktorat terkait. POS tersebut  merupakan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional UN.
Demikian informasi yang abdiguru bisa bagikan semoga menambah wawasan serta pengetahuan bagi bapak/ibu. Salam Abdiguru

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya